Bagaimana Mempersiapkan Dana Darurat untuk Pengobatan ?

Dana darurat merupakan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk situasi yang sangat darurat. Biasanya situasinya terjadi tiba-tiba dan merupakan situasi yang tidak menguntungkan atau buruk. Di saat itu orang yang mengalami hal buruk tersebut maka akan berusaha selamat dengan menggunakan dana tersebut. Beruntungnya kini sudah ada pinjaman langsung tunai yang dapat diandalkan.

Dana darurat dapat digunakan untuk situasi yang fatal seperti terjadinya Pemutusan Hak Kerja atau PHK, terjadi kebangkrutan usaha, pengobatan sakit, dan berbagai kejadian buruk lain yang terjadi di saat yang tiba-tiba. Oleh karena banyaknya kejadian tak terduga maka kita sebagai manusia biasa perlu mempersiapkan keuangan darurat agar kita tidak terlilit hutang. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan pinjaman langsung tunai.

Bagaimana menyiapkan dana darurat untuk pengobatan?

Dana darurat untuk pengobatan dapat kita persiapkan dengan terlebih dulu kita menyadari berapa penghasilan dan keperluan kita.  Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus keperluan rumah tangga, sekolah anak, biaya transportasi, dan hal-hal lain yang sangat pokok dan penting. Oleh karena itu anda perlu membuat note seperti di bawah ini.

  1. Perencanaan cadangan

Agar anda bisa mengumpulkan keuangan darurat untuk pengobatan dalam waktu yang singkat, anda bisa mengurangi gaya hidup. Misalnya saja anda mengalihkan biaya jalan-jalan keluarga, biaya makan-makan di luar dan berbagai hal yang lain yang bisa dipending terlebih dulu.

 

  1. Sisihkan uang secara rutin dan jangan lupa mencatat

Setelah membuat perencanaan cadangan maka dana itu bisa anda alihkan ke dalam uang tabungan. Lakukan secara rutin dengan jumlah yang sama bahkan, bisa lebih besar dari biasanya akan lebih baik.

 

  1. Telisik lebih jauh apakah ada yang bisa dihemat lagi

Catat semua pengeluaran baik rumah tangga dan lain-lain. Lakukan penghematan untuk beberapa hal yang masih memungkinkan untuk dipangkas dan disisihkan dananya. Coba tengok semua catatan apabila masih memungkinkan lagi untuk menghemat beberapa pengeluaran dan jangan lupa menyimpan uang di bank agar aman dari maling dsb.

 

  1. Jual beberapa aset yang tak terpakai

Ada kalanya barang-barang di gudang banyak yang tak terpakai. Daripada menghabiskan tempat di rumah alangkah lebih baik anda jual jika masih bisa. Bahkan, barang-barang kecil seperti koran bekas, kardus, kursi rusak, meja rusak, ban mobil tak terpakai, atom-atom yang bisa di daur ulang masih bisa anda jual dan menambah dana.

 

Jumlahnya memang tidak seberapa, tapi ini cukup membantu. Dan untuk mencukupinya, anda bisa mengajukan pinjaman langsung tunai.

 

  1. Lakukan pencatatan ulang dan ubah menjadi deposito

Hitung semua jumlah dana yang terkumpul, jika dana telah mencapai jumlah tertentu maka anda bisa mengubah dana tersebut menjadi deposito. Agar anda tak terlalu rugi pilihlah bank yang tidak menerapkan aturan denda jika anda bermaksud ingin mencairkan uang sebelum mencapai waktu yang disepakati.

Setelah anda mendepositokan dana darurat anda, sebaiknya anda memilih investasi dimana instrumen ini lebih rendah resiko dan akan sangat memungkinkan bagi anda untuk mengambil kapan saja uang tersebut dibutuhkan. Namun akan lebih mudah dan praktis apabila anda memilih mengajukan pinjaman langsung tunai saja.

Selain itu, anda juga masih bisa menginvestasikan dalam bentuk investasi emas batangan atau koin emas. Sebagai alternatif yang baik, belilah emas di saat harganya merosot sehingga anda membelinya dengan harga yang minim. Investasi emas biasanya akan semakin mahal jika dijual dalam jangka panjang, penjualannnya juga sangat mudah sekali.

Hal yang perlu anda biasakan adalah jangan sampai anda mengutak-atik dana darurat untuk pengobatan kecuali dalam keadaan yang paling butuh. Sebaiknya anda juga memisahkan buku investasi lainnya agar semua dana tidak bercampur baur dan memungkinkan dana semakin tidak fokus digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya. Namun jika sudah terlanjur dan tidak memiliki dana cadangan lagi, sebaiknya anda segera memanfaatkan pinjaman langsung tunai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *