10 Cara Menyembunyikan Pendingin Ruangan (AC) Anda

Pendingin ruangan atau AC seperti menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh sebuah keluarga di rumah. Tidak jarang, tiap-tiap ruangan dipasang AC karena tidak adanya udara yang masuk ke ruangan karena kurangnya jendela atau ventilasi. Terlebih lagi, cuaca dan udara yang panas terus-menerus menjadi pertimbangan yang banyak pemilik rumah pikirkan untuk anggota keluarga. Namun, hanya sedikit pemilik rumah yang mementingkan sisi estetika pada ruangan dengan AC karena masih banyak AC yang dipasang di dinding secara asal atau tidak mementingkan kecocokan AC ddengan dekorasi dan desain ruangan. Memang, dalam pemasangan AC, perlu juga mempertimbangkan saluran yang menuju kipas di luar rumah. Oleh karena itu, cobalah tips desain berikut agar ruangan Anda lebih enak dipandang dengan cara pemasangan AC secara tersembunyi.

  1. Sembunyikan AC di dinding atau balok pada langit-langit

Anda bisa menyembunyikan AC di dinding dengan cara membuat lubang dengan ukuran dimensi yang sesuai dengan AC Anda. Atau dengan cara menyamarkan AC di sela-sela balok pada langit-langit ruangan.

 

  1. Di atas Jendela

Cara ini dapat dilakukan khusus pada ruangan yang sempit dengan ruang dinding yang sedikt yang mana memasang AC di antara jendela dan langit-langit menjadi lokasi yang tepat. Namun, Anda perlu ingat bahwa penempatan AC di area ini merupakan titik terendah dalam pembuangan energi AC karena udara dingin AC dapat terbuang sia-sia ke luar ruangan.

 

  1. Di atas pintu

Jika dinding Anda sudah penuh diisi oleh furnitur dengan tinggi hingga hampir ke langit-langit, memasang AC di atas pintu adalah solusi yang tepat.

 

  1. Di atas tempat tidur

AC yang dipasang tepat di atas tempat tidur akan memfokuskan udara dingin langsung ke tubuh Anda ketika sedang tidur. Namun, jika Anda tidak tahan dengan udara dingin, coba pasang AC di dinding yang bersebrangan dari tempat tidur Anda.

 

  1. Di atas lemari

Titik lainnya yang sulit dijangkau (juga akan menumpuk debu) adalah di atas lemari atau rak Ada. Faktanya, pemasangan AC di lokasi ini akan memiliki efek visual yang minimalis seperti menyembunyikan AC di balok pada langit-langit juga.

 

  1. Di atas rak buku

Anda bisa memasang AC di atas rak buku terbuka yang memiliki ukuran dimensi dan warna yang sama agar tercipta kesan ruangan yang sangat terintegrasi.

 

  1. Di dalam rak buku atau unit entertaimen terbuka

Buffet ruang tv memiliki space yang terbuka di bagian atas untuk Anda menempatkan buku atau dvd player dan speaker.  Namun, ruang ini dapat Anda gunakan untuk menyamarkan keberadaan AC di ruangan ini.

 

  1. Membuat penutup AC memakai warna yang sesuai dengan furnitur

Dengan sedikit desain sesuai pesanan, Anda bisa membuat buffet dengan tempat AC yang memiliki penutup agar AC tidak tampak menonjol di ruangan. Jangan lupa untuk membuat ventilasi atau lubang untuk keluarnya udara dingin AC.

 

  1. Mengecat dinding sesuai dengan warna AC

Terkadang, hanya dengan mengecat untuk mencocokan warna dinding dengan AC Anda akan membuat penampakan AC sama sekali tidak terlihat pada pandangan sekilas. Tapi, jangan pernah mengecat AC, melainkan pilih warna AC yang Anda suka dan memilih cat dinding yang warnanya sama.

 

  1. Samarkan AC dengan dekorasi dinding

Dekorasi tembok yang dibuat khusus untuk tempat memasang AC dapat membuat penampakan AC Anda tersamarkan. Anda bisa membuat balok dengan bentuk L. Selain akan terlihat estetik, balik ini dapat menjadi tempat untuk AC Anda.

 

Dengan memasang AC di tempat-tempat yang tidak biasa, dekorasi ruangan Anda akan semakin terlihat unik dan menarik daripada hanya membiarkan AC terpampang begitu saja di tembok. Tentu saja Anda juga perlu rutin mencuci AC maksimal 6 bulan sekali agar kerja AC optimal dan tidak mudah rusak. Temukan jasa cuci AC terpercaya di Sejasa.com dan masalah AC Anda akan selesai pada hari yang sama saat Anda memesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *